Jelang Pilkada Soppeng Bawaslu Gelar Sosialisasi Netralitas PNS dan TNI / Polri -->

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Jelang Pilkada Soppeng Bawaslu Gelar Sosialisasi Netralitas PNS dan TNI / Polri

BERITAREPUBLIK.COM
21 Januari 2020

Beritarepublik.com, Soppeng (Sulsel) - Soppeng-Sebagai catatan sikap politik Aparat Pemerintah dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng 2020 maka dilaksanakan kegiatan tahapan Sosialisasi netralitas ASN dan TNI/Polri di Hotel Grand Aisha Jalan Kemakmuran Watansoppeng , Rabu (22/01/2020).

Hadir pada acara tersebut Ketua Bawaslu Provinsi Sulsel Drs. H. Laode Arumahi, MH. Sekda Soppeng, Drs, H. A. Tenri Sessu, M.Si, Ketua Bawaslu Kab. Soppeng Winardi, S.Sos. Kabag Sumda Polres Soppeng Kompol Umar Siatta, S.Sos. Pasi Ops Dim 1423 Soppeng Kapten Inf. Irfan. Divisi Umum dan SDM Bawaslu Kab. Soppeng Abd. Jalil, S.Pd.,M.Pd. Divisi Pencegahan, Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kab. Soppeng Nurlaelah, SP. Kordinator Sekretariat Bawaslu Kab. Soppeng Andi Anugerah Batara Mula, S.STP., M.Si. Para Pimpinan SKPD lingkup Pemkab. Soppeng. Para Camat lingkup Pemkab. Soppeng. Para Kapolsek dan Danramil jajaran wilayah Kab. Soppeng. Para tamu dan undangan lainnya.

Sekda Kabupaten Soppeng Drs, H. A. Tenri Sessu, M.Si dalam sambutannya mengatakan Sikap Politik ASN berbeda dengan masyarakat pada umumnya karena pemilu tak bisa dilepaskan dari Netralitas ASN.

Selain itu ia berharap kepada jajaran ASN Pemda Soppeng untuk tetap berlaku Netral dalam penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020.

Sementara itu Ketua Bawaslu Soppeng Winardi, S.Sos dalam kesempatan itu menuturkan bahwa Sosialisasi Netralitas ASN dan TNI/Polri kita laksanakan diawal tahapan sebagai upaya untuk melakukan tindakan pola cegah dini dalam penyelenggaran Pemilu.

Lanjutnya, ASN dan TNI/Polri dalam penyelenggaraan pemilu dilarang melakukan kegiatan dan tindakan yang diduga dapat merugikan atau menguntungkan salah satu calon dalam pemilu.

“Tidak ada alasan untuk tidak Netral bagi TNI Polri karena hal tersebut merupakan harga mati namun disisi lain hal tersebut berbeda dengan para ASN karena ASN memiliki hak politik untuk memilih dalam pemilu”, ungkapnya. 

Pada kesempatan yang sama Ketua Bawaslu Provinsi Sulsel, Drs. H. Laode Arumahi, MH memberi Aperesiasi kepada jajaran Bawaslu Kab. Soppeng atas terselenggaranya kegiatan ini karena kegiatan semacam ini merupakan suatu langkah antisipasi berupa tindakan pencegahan dalam menghadapi penyelenggaraan pemilu.

DIa juga menjelaskan bahwa Sosialisasi sengaja digelar untuk memberikan pemahaman kepada ASN dan TNI/Polri terkait urgensi perilaku netral dalam penyelenggaraan pemilu dimana Tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Soppeng tahun 2020 sementara berjalan dan perlu adanya sikap netral dari ASN dan TNI/Polri dalam menghadapi agenda politik tersebut. (red).