Kunjungan Kerja, Ketua Bawaslu Silaturahmi Ke Polres Soppeng -->

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Kunjungan Kerja, Ketua Bawaslu Silaturahmi Ke Polres Soppeng

BERITAREPUBLIK.COM
18 Juli 2022

Kapolres Soppeng Akbp Santiaji Kartasasmita,S.I.K diapit oleh ketiga pimpinan Bawaslu, Winardi,S.Sos,Abdul Jalil,S.Pd,M.Pd dan Nurlaela,SP.

BERITAREPUBLIK.COM
- Ketua Bawaslu kabupaten Soppeng Winardi, S.Sos bersama 2 pimpinan lainnya yakni Abdul Jalil, S.Pd, M.Pd dan Nurlaela, SP melakukan kunjungan kerja di Mapolres Soppeng.

Pada kunjungan tersebut Ketua Bawaslu bersama dua pimpinan lainnya diterima langsung oleh Kapolres Soppeng AKBP Santiaji Kartasasmita, SIK di ruang kerjanya, Senin (18/7/2022).


Maksud kedantangannya dalam rangka membangun sinergitas bersama institusi terkait di dalam pengawasan pemilihan umum 2024 mendatang, Bawaslu sebagai lembaga pengawasan pemilihan umum bergerak cepat dalam upaya menjalankan peraturan nomor 31 tahun 2018 tentang Penegakan Hukum Terpadu atau yang di singkat Gakumdu.


Ketua Bawaslu Soppeng Winardi kepada awak media mengungkapkan, " Kunjungan tersebut sebagai upaya untuk membangun sinergitas dalam rangka pembentukan sentra Gakumdu pada Pemilu 2024 mendatang.

"Sebagai langkah awal kita melakukan koordinasi dulu sebelum pembentukan Sentra Gakumdu, katanya.

Dijelaskan Winardi bahwa, "Gakumdu ini berperan dalam penegakan hukum Pemilu dalam satu pintu, dimana di dalamnya terdiri dari unsur Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan dalam menjalankan kewenangan sesuai dengan Perbawaslu nomor 31 tahun 2018.

“Sentra Gakumdu nantinya akan melakukan proses penindakan pelanggaran pidana Pemilu,” tuturnya.

"Adapun nantinya jika ada kendala-kendala yang dihadapi dalam penegakan tersebut akan dibahas bersama, tandasnya.

"Namun kami berharap dalam penyelenggaraan pemilu baik pemilihan umum legislatif, presiden-wakil presiden dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng di 2024 nantinya tidak menemui kendala dan atau tidak ditemukan adanya pelanggaran pemilu, pungkasnya.

red