BEM FKIP UNDANA Hadirkan Lopo Dalam Pentas Seni: Deskripsi Perjuangan Orang Tua -->

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

BEM FKIP UNDANA Hadirkan Lopo Dalam Pentas Seni: Deskripsi Perjuangan Orang Tua

BERITAREPUBLIK.COM
13 Oktober 2019

Beritarepublik.com, Kupang (NTT) -  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP Universitas Nusa Cendana (UNDANA) hadirkan “Lopo” dalam Pentas Seni (Pensi) di Aula BAAKPSI Lama UNDANA. Rabu (09/10/2019).

Ketua BEM FKIP, Yeter Andreas Tetty kepada media menyampaikan bahwa Pensi tahun ini didesain cukup berbeda dari tahun sebelumnya.

“Pensi tahun ini didesain cukup berbeda dari tahun lalu. Kita hadirkan lopo, rumah adat orang Timor yang masih ada sampai saat ini. Kebanyakan di Kabupaten Kupang dan Timor Tengah Selatan sudah tidak ada lagi. Fungsi lopo adalah sebagai tempat persinggahan untuk tamu sebelum masuk ke rumah. Lopo sebagai tempat bermusyawarah untuk masyarakat setempat,” ujar Yeter.

“Hadirnya lopo untuk mngingatkan kembali mahasiswa terhadap rumah adat orang Timor. Rumah orang tua kita yang juga menjadi deskripsi perjuangan orang tua untuk memberikan pendidikan yang layak bagi seorang mahasiswa. Sehingga mahasiswa diajak untuk lebih kreatif dan bersemangat untuk memperjuangkan harapan orang tua.”

Lanjut Yeter, “Selain hadirnya lopo, Live sketsa juga dihadirkan karena BEM melihat mahasiswa FKIP banyak yang memiliki talenta di bidang seni yaitu salah satunya seni melukis, sehingga BEM membuka ruang untuk talenta-talenta tersebut. Selain itu, adanya miniatur juga sebagai apresiasi dan motivasi agar semangat tidak pernah pudar. salah satu bentuk apresiasi BEM FKIP untuk mahasiswa yg kreatif.”

Yeter menambahkan, “Harapannya, pihak kampus lebih mempertahankan nilai budaya dan lebih menggali lagi kreatifitas mahasiswa FKIP untuk terlibat dalam dalam kegiatan kreatif lainnya. Sehingga hasil karya dapat dipublikasikan.”

Daftar tim yang menjadi juara dalam Lomba Paduan Suara yakni, Juara 1 : Mean 16 dari pendidikan matematika, Juara 2 : Master 17 dari pendidikan matematika, Juara 3 dari pendidikan Sejarah Untuk Lomba Vocal Group, Juara 1 : Master 17 dari pendidikan matematika, Juara 2 : Mean 16 dari pendidikan matematika, juara 3 : Kertas 18 dari pendidikan Bahasa Indonesia. Yang terakhir, Lomba Tarian Daerah, Juara 1 : Master 17 dari pendidikan matematika, juara 2 : Pendidikan Teknik Bangunan, juara 3 : pendidikan ekonomi. Pendidikan Matematika dinobatkan sebagai juara umum dalam lomba pentas seni 2019. Yos*