Cegah Virus Corona, Tradisi Jabat Tangan di Wisuda Unhas Ditiadakan -->

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Cegah Virus Corona, Tradisi Jabat Tangan di Wisuda Unhas Ditiadakan

BERITAREPUBLIK.COM
10 Maret 2020


Beritarepublik.com, Makassar - Guna mencegah penyebaran virus Corona Covid-19, tradisi jabat tangan antara rektor dan mahasiswa di acara wisuda Universitas Hasanuddin (Unhas) ditiadakan. Rencananya Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina hanya menyerahkan map berisi ijazah dan transkrip nilai pada para wisudawan.

Humas Unhas Ishaq Rahman yang dikonfirmasi, Rabu (11/3/2020), mengatakan kebijakan menghilangkan salaman antara rektor dan mahasiswa, merupakan hasil rapat panitia wisuda yang dipimpin Wakil Rektor I Unhas Prof Muhammad Restu. Hasil rapat ini juga telah disampaikan ke Rektor Unhas.

"Kebijakan ini diterapkan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Mendikbud No 3 Tahun 2020 terkait pencegahan Covid-19 di satuan pendidikan, yang salah satu instruksinya diminta untuk menghindari kontak fisik secara langsung seperti bersalaman, mencium pipi, mencium tangan, dan berpelukan di area institusi pendidikan," ungkap Ishaq.

Rencananya wisuda lulusan Unhas akan digelar pada 17-18 Maret nanti yang akan diikuti 2.094 wisudawan, dari jenjang S1 hingga S3, di gedung Baruga Andi Pangerang Pettarani, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar.

Dalam gladi wisuda nanti, pihak panitia juga akan mengumumkan bagi calon wisudawan yang sedang mengalami demam dengan suhu badan tinggi agar tidak perlu memaksakan diri hadir di acara wisuda. 

"Pihak panitia wisuda juga akan menyiapkan hand sanitizer di tiap sudut lokasi gedung acara wisuda," pungkas Dosen Ilmu Hubungan Internasional Unhas ini.

Instruksi pencegahan penyebaran Covid-19 ini juga nantinya akan disosialisasikan hingga di tingkat fakultas. Sebelum menerima surat edaran Mendikbud yang ditandatangani Menteri Nadiem, pihak Unhas lebih dulu menerima protokol kesehatan penanganan Covid-19 di area institusi pendidikan.