Peringati HUT RI ke-75, Mubar Terima Piagam Penghargaan dari BPS -->

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Peringati HUT RI ke-75, Mubar Terima Piagam Penghargaan dari BPS

BERITAREPUBLIK.COM
17 Agustus 2020



Pemberian piagam penghargaan oleh ketua BPS Muna-Muna Barat (Foto Endi) 

LAWORO, Beritarepublik.com-Pada HUT RI ke-75, Kabupaten Muna Barat menerima piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai daerah yang masyarakatnya berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan Sensus Penduduk online yang telah dilaksanakan dari tanggal 15 Februari sampai dengan 29 Mei 2020 lalu. 

Bupati Muna Barat, Laode M Rajiun Tumada mengapresiasi atas proaktif masyarakat dalam melakukan sensus secara online. 

"Saya kira ini cukup luar biasa masyarakat kita partisipatif dalam hal data dan ini sesuai harapan pemerintah agar masyarakat melakukan sensus secara mandiri atau online," ungkap Rajiun kepada awak media usai pelaksanaan upacara bendera di lapangan Marobea, Kecamatan Sawerigadi, Minggu, 17 Agustus 2020.

Dirinya juga memastikan pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat selalu proaktif dan mendukung serta ikut menyukseskan program pemerintah pusat maupun daerah yang dapat menunjang keberhasilan pembangunan di Muna Barat. 

"Ya karena ini menunjang statistik data Kabupaten Muna Barat sebagai program pembangunan Muna Barat kedepan, " lanjutnya. 

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Muna-Muna Barat, Kadir Pua menyatakan Kabupaten Muna Barat berhasil melampaui target yang ditetapkan BPS RI, dimana capaian yang berhasil melakukan Sensus Penduduk Online sebanyak 4.046 kk dan 17.234 jiwa atau 18,77 persen dari seluruh KK yang ada di Kab.Muna Barat.

Kadir menyebut dengan demikian sebanyak 81,23 persen kk yang belum melakukan SP Online akan dilakukan sensus penduduk secara off line atau dengan metode DOPU (Drop out pick up).

"Artinya Petugas sensus akan mendatangi setiap keluarga yang belum melakukan SP Online dan menyerahkan daftar pertanyaan atau kuesioner untuk diisi secara benar oleh KK bersangkutan dan diserahkan kembali kepada petugas sensus," jelas Kadir saat dikonfirmasi via whatsapp, Minggu, 17 Agustus 2020.

Menurutnya, pendataan ini akan dilakukan pada tanggal 1 sampai dengan 30 September 2020 oleh sebanyak 72 Petugas Sensus (termasuk Koordinator Statistik Kecamatan) dibantu oleh Ketua Satuan Lingkungan Setempat.

Dirinya berharap masyarakat di Kabupaten Muna Barat dapat berpartisipasi aktif dengan menerima petugas sensus serta dapat mengisi kuesioner yang diberikan dan mengembalikan kepada Petugas Sensus dalam waktu yang cepat.

"Keberhasilan pelaksanaan Sensus Penduduk sangat ditentukan oleh peran serta aktif seluruh masyarakat," tutupnya.

Laporan : Endi