Dalam Capaian Kinerja Perekaman E-KTP Capil Muna Barat Masuk Tiga Besar Nasional -->

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Dalam Capaian Kinerja Perekaman E-KTP Capil Muna Barat Masuk Tiga Besar Nasional

BERITAREPUBLIK.COM
08 Oktober 2020



Ketgam : Data ini bersumber dari Dirjen Dukcapil , Kemendagri. Muna Barat 3 besar ut Wilayah regional IV


LAWORO, Beritarepublik.com -Dalam capaian kinerja tertinggi perekaman KTP-El dari seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia Kabupaten Muna Barat (Mubar) Provinsi Sulawesi Tenggara masuk tiga besar.

Hal itu tak lepas dari kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat dalam kendali Laode M Rajiun Tumada untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan yang diupayakan berlangsung baik secara pasif dengan melakukan pelayanan di kantor maupun pelayanan secara aktif (stelsel aktif).

Sehingga seluruh penduduk Kabupaten Muna Barat tercatat dan terdaftar sebagai penduduk yang sah dan terdaftar secara resmi. 

Hal itu dikatakan Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Muna Barat, Burhanuddin. Menurutnya, capaian ini sebagai bagian dari wujud perhatian pemerintah dalam peningkatan pelayanan administrasi kependudukan.

"Data ini bersumber dari Dirjen Dukcapil , Kemendagri. Jadi Muna Barat 3 besar ut Wilayah regional IV. Disanalah yang menilai kinerja kita, " ungkap Burhanudin saat dihubungi, Kamis sore, 8 Oktober 2020.

Ia menjelaskan dalam meningkatkan pelayanan perekaman KTP Elektronik, pihaknya sesuai kebijakan Bupati Mubar menerapkan istilah "jempu bola".

"Betul kami selalu jemput bola dilapangan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan perekaman. Insya Allah dalam waktu dekat ini kami akan kembali turun ke desa-desa untuk perekaman E KTP," jelasnya. 

Mantan Kadis Koperasi dan UMKM Mubar ini menjelaskan sebenarnya Muna Barat data perekamannya  dari target wajib KTP 55.151 penduduk , terealisasi 54.295  atau 98,45%.

"Tetapi target nasional 95 %, Muna Barat melampaui target yaitu 98,45% . Kemungkinan data itu mereka konversi secara nasional regional IV, Meliputi Kalimantan , Sulawesi , Maluku dan Papua.

Pihaknya menargetkan tahun 2021 seluruh penduduk yang terdaftar di database kependudukan akan selesai melakukan perekaman KTP-El.

"Kita targetkan Tahun depan 2021 , seluruh wajib KTP Muna Barat tuntas perekamannya, " lanjutnya. 

Olehnya itu, dirinya berharap kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman E-KTP agar memiliki kesadaran dan pemahaman yang memadai bahwa kepemilikan dokumen kependudukan itu sangat penting.

Laporan : Endi