LP2M UNM Gelar Program Kemitraan "Pembuatan dan Penggunaan Media Big Book dalam Implementasi Kurikulum Merdeka" di Kabupaten Soppeng -->

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

LP2M UNM Gelar Program Kemitraan "Pembuatan dan Penggunaan Media Big Book dalam Implementasi Kurikulum Merdeka" di Kabupaten Soppeng

BERITAREPUBLIK.COM
03 November 2022

Kegiatan PKM (program kemitraan masyarakat) oleh LP2M hari Jum'at, 28 Oktober 2022.

Beritarepublik.com, Soppeng - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di UPTD SPF SD Negeri165 Asanae, Gugus 22 Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng.

Kegiatan ini melibatkan beberapa guru dari gugus 22 Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng.


Sebanyak 33 guru dari 10 Sekolah di gugus tersebut, mengikuti pelatihan membuat media Big Book dan melatih guru dalam penggunaan media Big Book bagi siswa kelas awal (kelas 1,2, dan 3) Sekolah Dasar.

Materi pelatihan pembuatan dan penggunaan media Big Book dalam implementasi kurikulum merdeka dibawakan oleh Dr. Widya Karmila Sari Achmad, S.Pd., M.Pd dan Nur Abidah, S.Pd., M,Pd selaku dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pengabdi UNM.

Ketua Tim Pengabdi, Dr. Widya Karmila Sari Achmad, S.Pd., M.Pd. mengungkapkan bahwa “Penggunaan Media big book dengan pendekatan MERDEKA yang meliputi, Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi antar materi, menjadikan pembelajaran lebih dinamis”. Ujar Widya.

Hattase, S.Pd, MM selaku Kepala SDN 165 Asanae juga menyampaikan ucapan “Terimakasih kepada tim pengabdi UNM karena berkenan hadir di SD Negeri165 Asanae dalam kegiatan KKG gugus 22 kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Koordinator Wilayah, Asnaderi, S.Pd.,M.M.,Pengawas SD Hj. Hasmah,S.Pd.,M.Pd., Kepala Sekolah, dan guru kelas rendah (10 sekolah yaitu SDN 133 Takalala,SDN 147 Kalempang,SDN 148 Sanuale,SDN 149 Amessangeng,SDN 150 Lausa, SDN 151 Bunne,SDN 165 Asanae,SDN 223 Lapince,SDN 224 Pallawa,SDN 235 Goarie).

Para guru yang ikut dalam kegiatan tersebut menyatakan sangat puas mengikuti sosialisasi penggunaan media Big Book. Begitu antusiasnya guru-guru yang hadir hingga meminta waktu lagi untuk mengikuti tetapi waktu sangat terbatas.

red