Keren, Pendidikan dan Pelatihan Management Kepemimpinan OSIS di MTsN Soppeng -->

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Keren, Pendidikan dan Pelatihan Management Kepemimpinan OSIS di MTsN Soppeng

BERITAREPUBLIK.COM
20 Juni 2023



Selasa, (20/06/2023). MTsN Soppeng mendapatkan pelatihan kepemimpinan dari Tim Komite OSIS Nasional dan Rektor Universitas Surakarta.
 
Pelatihan ini merupakan bagian dari kunjungan Tim Komite OSIS Nasional sebagai wujud kerjasama dan dukungan bagi pembina dan pengurus OSIS MTsN Soppeng.


Pelatihan management kepemimpinan OSIS madrasah yang disampaikan langsung Ketua Komite OSIS Nasional,Bapak H.Ahmad Wahyu Saputra S.IP.,M.H.,M.M.,M.IP. dan Ketua Komite OSIS Nasional Sulawesi Selatan, Nur Wahyu Ilahi, didampingi sekertaris dan bendahara Komite Nasional OSIS Sulawesi Selatan, Abdul Hakam dan Wahyuni Ramadhani.


Ada beberapa point' disampaikan para pemateri kepada pembina dan pengurus OSIS MTsN Soppeng. Hal itu menimbulkan dampak positif bagi pembina khususnya peserta didik MTsN Soppeng yang tergabung dalam anggota OSIS.

Poin pertama adalah cara memanagement kepemimpinan dan hal tersebut dilakukan dengan cara harus mampu mengatur hal-hal yang hendak dilakukan sebaik-baiknya.


Poin kedua adalah ciri sebagai seorang pemimpin adalah yang mampu mempengaruhi. Terutama dalam hal mempengaruhi diri sendiri untuk melakukan hal-hal yang positif dan produktif. Sehingga kemampuan tersebut dapat pula mempengaruhi orang lain. Oleh karena itu butuh bekal knowledge, insight dan experience dalam melakukan hal tersebut.

Poin ketiga adalah aspek yang dibutuhkan jiwa kepemimpinan. Yang disingkat dengan 3P. 1. Pemimpin memiliki skill. Baik soft skill dan hard skill yang kemudian dilatih dan dikembangkan. 2. Pemimpin punya mid set positif yang insiatif, inspiratif dan visioner. Dan yang terkahir. 3. Pemimpin harus memiliki attitude yang baik. Point ini amatlah penting sebab keberhasilan kepemimpinan seseorang dapat dilihat dari bagaimana sikap dan akhlaknya dalam memimpin.


Pemateri dari platihan ini juga turut hadir melalui zoom, Rektor Universitas Surakarta, Ibu Hj. Astrid Widayani,S.S.,S.E,M.BA. yang memberikan materi berkaitan "Leadership and New Skill Set for Society 5.0". Memberikan materi yang amat penting dan memberikan informasi yang baru bagi pembina dan pengurus OSIS MTsN Soppeng. 

In syaa Allah kedepannya kegiatan dan kolaborasi seperti ini akan terus berlanjut demi memajukan pendidikan dan mempersiapkan generasi emas 2045. Terus maju MTsN Soppeng sebagai madrasah Mandiri Berprestasi.

redaksi : Ladenonk