Proyek Jembatan Belakang Kodam 3 Diduga Tidak Sesuai Perencanaan, Penegak Hukum Diharap Segera Bertindak -->

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Proyek Jembatan Belakang Kodam 3 Diduga Tidak Sesuai Perencanaan, Penegak Hukum Diharap Segera Bertindak

BERITAREPUBLIK.COM
23 Mei 2024


Beritarepublik.com, Makassar, 
Sejumlah proyek tahun anggaran 2023 lalu dilingkungan Pemkot Makassar usai dikerjakan. Namun realitas kegiatan tidak semuanya berjalan sesuai yang diharapkan sehingga mengundang tanda tanya dimasyarakat. 

Sebut saja salah satu proyek Pemkot Makassar 2023 adalah pembangunan jembatan belakang kompleks Kodam 3 yang diduga tidak memenuhi syarat dalam beberapa spesifikasi yang dpersyaratkan, ironisnya belum seberapa lama jembatan ini usai dikerjakan, namun menuai banyak kejanggalan dengan terjadinya perubahan pergeseran atau kerusakan pada beberapa titik pada sejumlah item pekerjaan yang dihasilkan. Pembangunan jembatan ini berdasarkan nilai HPS Rp. 4,5 Miliar lebih.

Terkait hal ini, Celbes Coruption Wacth ( CCW),  setelah melakukan investigasi dilokasi proyek menemukan berbagai dugaan kejanggalan dari realitas pekerjaan yang dihasilkan oleh kontraktor pelaksana.
 
Menurut Zulfikar sebagai selaku tim Investigasi dari CCW menyatakan bahwa hal ini perlu diusut agar kedepan tidak terjadi lagi hal hal seperti ini, sebab biaya dari kegiatan ini adalah anggaran negara yang seharusnya diimplementasikan sesuai dengan perencanaan yang dipersyaratkan.

Lanjut Zul, sapaan akrabnya, menyampaikan beberapa uraian dugaan pelanggaran dari pihak kontraktor,  diantaranya pekerjaan pasangan batu atau talud selaku pelindung tebing disinyalir dikerjakan asal jadi yang mana beberapa titik sudah retak dan berdebu, hal ini akan berdampak pada terjadinya longsor. 

Diduga kontraktor pelaksana tidak sepenuhnya melakukan pemadatan pada pekerjaan timbunan tanah, sehingga dinilai kontraktor pelaksana tidak mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial dan aspek keselamatan jalan 
Sehingga hal ini dinilai tidak sesaui dengan SNI 03-3441-1994 Tata cara perencanaan teknik pelindung tebing sungai dari pasangan Batu, dimana dinding penahan yang permanen biasanya dibangun pada lereng yang miring atau juga biasanya dilengkapi atau diberi backfill. Jelasnya.

Zul juga menyorot  pekerjaan perkerasan jalan beton semen dimana sudah mengalami keretakan yang panjang, shingga dapat berakibat terjadinya pergeseran, hal ini kontraktor pelaksana  mengerjakan pekerjaan beton diduga asal jadi.

Dari berbagai temuan ini, pihak CCW mengharapkan kepada penegak hukum agar melirik dan melakukan tindakan tegas sesuai dengan laporan masyarakat dan lembaga kontrol sosial . Agar persoalan ini menjadi agenda khusus untuk ditindaklanjuti sebab dari berbagai kejanggalan yang ditemukan maka diduga telah terjadi tindakan yang berdampak terhadap adanya kerugian negara . Tidak menutup kemungkinan ada oknum yang diduga melakukan persekongkolan terhadap pihak tertentu untuk melakukan tindakan korupsi yang dapat mempengaruhi  kualitas pekerjaan. Tegasnya. (Tim)